Minggu, 06 Desember 2009

TAWURAN MAHASISWA DI KAMPUSKU

TAWURAN MAHASISWA DI KAMPUSKU

Sekitar jam 12.00 WIB
Ku akhiri kuliahku hari Kamis tgl 3 Desember 09
Kulangkahkan kaki menuju pintu
Di luar pintu aku sudah ditunggu mahasiswa
Yang kusuruh menemuiku hari itu

Aku tak jadi keluar ruangan
Dan kembali duduk di kursi
Di iringi mahasiswa
Yang ingin berkonsultasi denganku

Mahasiswa smt I yang tadi kuliah denganku
Sebagian berlari-lari keluar ruangan
Ada yang meninggalkan tas di kursi
Persis seperti suasana
Kalau terjadi gempa ketika sedang kuliah

Aku jadi heran
Karena aku tak merasakan getaran gempa
“Ada apa, kok mahasiswa berlari keluar ?”, tanyaku
“ Ada tawuran di luar bu
Mahasiswa Penjaskes FKIP vs Faperta
Gara-gara LIGA BOLA kemaren bu”, jawab mahasiswa

Kemudian terdengatlah suara gaduh diluar
Posisiku dilantai dua GB dua
Aku jadi cemas
Apalagi tak ada dosen lain di GB dua
Beberapa orang mahasiswi tetap berada dilantai dua
Berpindah dari suatu ruangan ke ruangan lain
Sambil berteriak-teriak
Menyaksikan tawuran berlangsung dari jendela

Akhirnya aku ikut keluar ruangan
Kusaksikan batu dan kayu
Beterbangan di udara
Di halaman gedung GB satu diseberang GB dua
“Aduh kita tak aman disini
Bisa mati konyol
Bagaimana kita bisa keluar dari sini”, kataku
“Bu sudah dari tadi jalan dikampus tidak aman
Masih lebih aman di ruangan ini”, kata mahasiswaku
Aku belum melihat polisi
Aku juga tak melihat SATPAM
Reflek ku telpon PR !
Ku dengar suara yang cemas
Pertanda beliau sudah tahu sebelumnya
Beliaupun menanyakan keberadaan polisi

Aku tak kuat menyaksikan tawuran
Akupun kembali ke ruangan
Walau tidak bisa berkonsentrasi
Kupaksa juga sebisaku mendengarkan mahasiswa
Tak lama kemudian
Ku dengat bunyi sirine
Pertanda polisi sudah masuk kampus

Kehadiran polisi
Membuatku jadi tenang
Aku beri pengarahan kepada mahasiswa
Apa yang harus dia lakukan
Selesai tugasku
Akupun melangkah keluar ruangan

Kusaksikan ada tiga truk mobil polisi
Parkir dihalaman GB satu
Polisinya sendiri
Bertebaran di lokasi tawuran
Diantaranya halaman GB satu, dan FKIP

Ketika menyaksikan kehadiran polisi
Baru kusadari
Halama GB satu yang biasanya penuh dengan kendaraan
Hari itu kelihatan kelihatan luas
Sementara di halamn GB dua
Penuh dengan motor mahasiswaku
Yang membuat mereka ketar ketir
Dan tetap berada disekitar motor

Tanpa rasa khawatir lagi
Aku melangkah dengan pasti
Ke gedung fakultasku berada
Yang cukup jauh dari GB dua

Ketika aku bercerita tentang tawuran tadi
Teman-temankupun bercerita
Tentang mahasiswa Penjaskes FKIP
Tadi sekitar jam 11 WIB
Mencari mahasiswa Faperta kesana
Karena salah satu gedung Faperta
Bersebelahan dengan gedung fakultasku

“Kami sedang rapat
Mendengar ada suara gaduh
Kami semua keluar ruangan dan
Rapat jadi batal”, cerita temanku

Tawuran yang sering kusaksikan di TV
Akhirnya terjadi pula dikampusku
Hhhhuuuhhhh
Kok begini generasi mudamu Indonesiaku ???


Bengkulu, 6 Desember 2009


Hanifah Damanhuri