Rabu, 23 Oktober 2013

Mengenang Papa Damanhuri Djalil



Mengenang Papa Damanhuri Djalil

5 Oktober 1919
Tanggal lahir papa Damanhuri Djalil
Hari ini 5 Oktober 2013
Aku mengenang papa Damanhuri Djalil
Semoga Allah mencintai papa di alam sana
Seperti papa mencintai kami disepanjang hidup papa

Berputarnya roda kehidupan yang  papa Damanhuri jalani
Dari semula serba ada
Sampai tak lagi punya apa-apa
Kecuali kasih sayang yang tiada tara
Serta keimanan yang tak tergoyahkan oleh derita
Membuatku bangga dan bahagia jadi anak papa

Ingin kukabarkan padamu papa
Tentang Fadilla Zennifa cucu papa
Sewaktu kecil papa bilang padanya
“Berteman kita”
Semula sulit kupahami apa maksud papa
Ketika kulihat bakatnya
Suka membaca
Suka belajar bahasa-bahasa
Suka menulis bahkan sampai menang lomba
Suka berdebat sampai ikut Indonesian moon
Aku baru paham
Bakat papa menurun padanya
Alhamdulillah

Aku ingat pesan papa waktu aku ABG
Agar aku belajar bahasa-bahasa dan matematika
Kedua ilmu itu yang akan membantu membuka ilmu lainnya
Namun lidahku kelu
Hariku dijalanan melulu bersama teman-teman
Aku beruntung
Nasib baik berpihak padaku
Hidupku terselamatkan oleh doa papa dan mama
Alhamdulillah
Aku adalah anak yang beruntung

Ketika setiap tanggal 5 Oktober
Kita sering tertawa bersama
Ketika papa bilang padaku
Biarlah Negara yang merayakan ULTAH papa
Tadi hampir saja aku lupa
Andai Negara tidak merayakan ULTAH ABRI
Aku jadi rindu papa

Padang, 5 Oktober 2013

Hanifah Damanhuri