Selasa, 24 Februari 2009

DAMPAK TRANSFUSI

DAMPAK TRANSFUSI

Semula aku berfikir
Haidku melebihi dari biasa
Pertanda aku mulai tua
Kata orang begitu tanda-tandanya

Dua bulan ini
Aku kelabakan sendiri
Dan berfikir
Ini normal nggak?
Kok haid melulu ?

Kamis , 5 feb 2009
Aku periksa ke dokter di rumah sakit
Begitu melihatku
Dokter bilang aku anemi
Setelah di USG dan diperiksa
Aku dinyatakan kena miom keburt
Yang menyebabkan pendarahan
Aku diminta di rawat saat itu juga
Dan di suruh tambah darah

Selama di Bengkulu
Aku pernah dirawat
Ketika melahirkan anak kedua
Permintan dokter tersebut
Jelas mengagetkanku

Kuberi tahu suamiku
Lalu kami siapkan
Segala sesuatu untuk menginap di RS
Besoknya baru aku masuk rawat inap

Jumat, 6 Feb 2009
Begitu sudah di kamar
Tak lama kemudian aku di infus
Setelah itu infus diganti darah
Kusaksikan tetes demi tetes darah
Mulai turun dan memasuki tubuhku
Entah tetes yang keberapa
Aku mulai menggigil kedinginan
Kupejankan mata dan berdoa
Namun gigil tambah menjadi
Kurasakan semua tubuhku bergetar
Tak tahan
Kuberitahu petugas
Dan mereka menghentikan transfuse
Darah diganti dengan infuse
Aku yang tadinya masih kuat
Berobah jadi lemah

Kembali infus diganti dengan darah
Alhamdulillah lancar sampai tetes terakhir
Ganti lagi dengan infus
Darah selanjutnya mulai dipasang
Alhamdulillah lancar juga
Sambung lagi dengan infus
Beberapa waktu kemudian
Darahku di periksa HBnya
Semula ketika masuk HBku 6
Sekarang sudah 7,5

Sabtu, 7 Feb 2009
Aku dibawa ke ruang operasi/kuret
Disana sudah ada pasien lain
Setelah dikasih obat lewat infuse
Aku tak tau lagi apa yang terjadi
Dokter menepuk nepukku
Memintaku membuka mata
Seperti bayi belajar melihat dunia
Aku buka tutup mata
Siapa nama ibu, tanya dokter
Setelah aku menyebut nama
Aku di tinggalkan dokter
Kutarik kakiku sambil mejam
Posisi kakiku sudah lurus
Masih bingung apa yang terjadi
Aku dipindah ke dorongan
Selama di dorong aku masih mejam
Begitu dorongan berhenti
Kubuka mata
Kulihat orang-orang yang kukenal
Aku mereka pindah ke kasur
Ku tanya apa aku sudah di kuret?
Mereka jawab sudah
Aku tidur lagi

Minggu, 8 Feb 2009

Setelah di kuret hingga hari minggu
Aku telah berhasil menambah darah
Sebanyak dua kantong lagi
Minggu malam masih ada satu kantong lagi
Malam itu juga darah tersebut di transfuse
Tetes demi tetes berlalu dengan lancar
Setelah seperempat kantong berlalu
Aku merasakan ujung kuku dingin
Rasa dingin menjalar dengan cepat
Kembali aku menggigil-gigil
Aku minta di stop
Aku nggak mau lagi di transfusi kataku
Yang masih menggigil-gigil

Senin, 9 Feb 2009

HB ku sudah 10,5
Ketika dokter masuk dan memeriksa
Aku dibolehkan pulang
Akupun pulang
Ibu-ibu yang bareng denganku
Jelang dia pulang di hari minggu
Bercerita tentang aku yang lama baru sadar


Sejak hari Selasa sampai sekarang
Aku merasakan badanku tidak stabil
Aku masih menyesuaikan diri
Dengan darah baru

Bengkulu , Februari 2009


Hanifah Damanhuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda