Selasa, 09 Februari 2010

HUJAN SANGAT LEBAT

HUJAN SANGAT LEBAT

Pagi menjelang kekampus
Aku sibuk memilih baju
Yang akan kupakai hari ini
Yang mampu menyerap keringat
Kipas yang ada di ruang kuliah
Tak sanggup menghentikan keringatku

Belakangan ini udara panas sekali
Langit biru tak berawan
Pepohonan yang tersisa
Tak mampu memberi rasa sejuk
Panas yang sangat terasa
Ketika tak ada AC di ruangan

Tak diduga
Tak dinyana
Hari yang begitu cerah
Sejak dari pagi
Tiba-tiba di siang harinya
Di tutup awan gelap

Ketika gerimis turun
Aku sudah di jemput
Dan kupilih pulang cepat-cepat
Dalam perjalanan pulang
Belum semua jalan di guyur hujan
Bahkan di tempat tinggalku masih terang

Udara yang tak menentu
Mata yang mengantuk
Sesampai di rumah
Aku langsung mencari kasur
Dan tidur nyenyak

Begitu tersentak
Aku mendengar curah hujan
Yang sangat lebat
Kulihat ke jendela
Pemandangan di luar
Membuatku risau
Air turun sangat banyak sekali
Aku khawatir
Air yang menjadi sahabat
Berubah menjadi jahat

Tiada daya
Tiada upaya
Kecuali izin-Mu Ya Allah
Kataku dalam hati

Tak lama kemudian
Hujan yang sangat lebatpun
Mulai berkurang curahnya
Akhirnya berhenti
Alhamdulillah

Bengklulu, 9 Februari 2010


Hanifah Damanhuri