Minggu, 10 Agustus 2008

PROYEK PERANGKAT LUNAK (PPL)

PROYEK PERANGKAT LUNAK (PPL)

Ku penuhi tantangan guruku
Yang ingin tau
Apa yang ku ajarkan
Bagaimana PBM di kelasku

Ku cari matakuliah yang unik
Matakuliah PPL
Kalau mahasiswa bekerja serius
Matakuliah ini bisa menghasilkan produk
Yang bernilai jual

"Selamat pagi saudara semua
Selamat berjumpa di matakuliah PPL"
Kupandangi peserta yang ikut
Ku minta mereka membuat kelompok
Besar kelompok 3 - 5 orang
Di Silabus sudah ada panduan
Tentang matakuliah PPL tersebut

Ketika kelompok sudah terbentuk
Ku berutahu mahasiswa
"Kita di kelas hanya bertemu beberapa kali saja"
Lalu aku sibuk merancang
Kapan bertemu di kelas
Apa yang dikupas
Siapa yang mengupas
Bagaimana laporannya
Bagaimana absensinya

Dua minggu pertama
Biasanya mahasiswa
Sibuk mengurus izin survey
Di tempat yang mereka pilih
Minggu seterusnya
Mahasiswa akan sibuk
Mengumpulkan data
Menganalisis
Merancang
Implementasi menggunakan bahasa yang terkini

Tugasku yang berat
Ketika menilai hasil rancangan mereka
Apalagi kalau tidak tau
Proses bisnis di tempat yang dipilih mahasiswa
Kadangkala info yang diperoleh mahasiswa
Belum tentu lengkap
Belum tantu akurat
Belum tentu terkini

Ketika implementasi
Biar penilaiannya objektif
Aku melibatkan
Suatu kelompok menilai kelompok lain

Pernah dulu
Hanya aku yang menilai
Aku kebingungan memberi nilai
Sibuk ternganga
Akhirnya semua lulus nilai A

Guruku mamak Mufni
Aku bukan orang yang ditiru dan digugu
Aku hanya membantu mengelola
Aku mendorong agar mahasiswa
Mampu Belajar sendiri
Sumber ilmu ada di buku dan diinternet
Mampu Berkarya
Mampu Berbicara
Mampu Menulis
Sebaik mungkin yang mereka sanggup
Adakalanya kemampuan mereka
Luar biasa
Hingga aku yang belajar pada mereka


Bengkulu, 8 Agustus 2008


Hanifah Damanhuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda