Kamis, 29 Oktober 2009

UNDANGAN DARI SOLO

UNDANGAN DARI SOLO

Kulihat ada surat berwarna coklat
Yang tergeletak di meja
Surat itu ditujukan untukku
Yang dikirim oleh uni Tuti bakoku

Kubuka sampulnya
Terlihat sebuah undangan yang indah
Berwarna coklat muda
Berpita coklat tua
Dilengkapi dengan tempelan
Rumah Gadang berwarna keemasan
Pertanda bakoku akan “ Baralek Gadang “

Halaman pertama berisi surat Ar Ruum 21
Halaman berikutnya foto calon pengantin
Anggun (keponakan uni Tuti) bersama Apri
Dan puisi cinta nya Matsanawi…
Halaman seterusnya isi undangan
Diantaranya Walimatul Ursy …
Insya Allah …
Minggu, 01 November 2009
Gedung Grha Wisata Niaga
Surakarta

Kupandangi undangan yang indah tersebut
Hatiku jadi berkecamuk tak menentu
Berperang antara keinginan untuk datang
Sementara kendala menghadang

Bayangan masa kecil dirumah bako
Yang terletak di simpang Sungai Tanang
Menari-nari di pelupuk mata
Apalagi bila ada pesta
Lari kesana lari kesini
Naik tangga turun tangga

Pernah di suatu pesta
Aku hampir ditabrak sedan
Menyebrang tak melihat kiri kanan
Bunyi rem yang berdecit
Membuat ibunya Tuti
Yang ku panggil kak Nah
Keluar rumah dan menggendongku

Pernah di suatu pesta
Aku dicubit nenek kandungku
Yang datang dari Medan
Cubitan satu-satunya dari nenekku
Karena aku naik turun tangga

Di pestanya uni Efi
Gara-gara aku begadang
Menonton pasambahan
Hidungku mimisan
Hingga aku terpaksa dirawat di RS Bkt

Kupandangi lagi undangan
Untuk
Terbayang Solo 3 tahun yang lalu
Aku ditunggu uni Tuti di stasiun
Kukatakan padanya lewat SMS
Baju dan kerudungku warna ungu

Sejak itu
Komunikasi aku dan Tuti
Yang sempat terputus
Kembali lancar
Ketika ada tugas ke Jogja
Aku mampir ke Solo

“ Datanglah biar bisa bersilaturrahim
Dengan keluarga besar bako
Ngumpul kita di Solo “
Bunyi SMS uni Tuti
Minggu yang lalu

Tugasku sebagai dosen
Semester ini banyak terganggu
Terbirit-birit aku
Mengejar ketinggalan
Terpaksa kupakai hari Sabtu
Pengganti waktu

Jadwal sidang sarjana yang padat
Membuat aku tak bisa
Meninggalkan Bengkulu
Selama seminggu ini

Maafkan aku uni Tuti
Maafkan aku bakoku
Hanya doa yang bisa kupanjatkan
Semoga acara berjalan sukses
Semoga kedua pengantin
Berbahagia selalu
Amin Ya Rabbal Alamin

Bengkulu, 30 Oktober 2009


Hanifah Damanhuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda