Rabu, 04 Juni 2008

LESEHAN


Hari sudah pukul 9.00
Juru kunci Lab belum juga datang
Ku coba hubungi ke HP mereka
Semua tulalit

Tiga puluh menit berlalu
Kalau aku nyari ruangan
Belum tentu dapat
Sementara ini perkuliahan terakhir
Dengan materi yang cukup padat dan berat

Sebenarnya ruangan kuliahku di GB 3
Aku tak betah di GB 3
Entah salah apa
Suara-suara mahasiswa yang tidak kuliah
Sangat mengganggu perkuliahan
Suaraku kalah kencang
Kadang kepalaku jadi pusing jadinya

Saat pembagian tugas awal semester yang lalu
Aku masih berstatus dosen FMIPA
Hitung-hitung sebagai kenangan terakhir di FMIPA
Aku meminta untuk mengasuh Kalkulus
Matakuliah yang sangat ku suka
Aku meminta ruangan kuliah di lab saja
Masalah yang kutemui di lab
Aku tergantung ke juru kunci

Kemaren setelah bosan menunggu
Ku ajak mahasiswa ke lantai dua
Mahasiswa kuajak lesehan
Terasnya lumayan luas
Tempat tersebut sangat nyaman
Karena dikelilingi pepohonan yang menghijau
Jauh dari kebisingan

Kukatakan pada mahasiswa
Duduklah sehingga saudara merasa nyaman
Perlapang hati
Kita nikmati saja suasana yang lain dari biasa
Dengan tiupan angin yang sepoi-sepoi

Kuminta mahasiswa mengeluarkan buku dan alat tulis
Ku jelaskan materi dengan membaca buku
Tak lama kemudian seorang mahasiswa permisi
Dan kembali dengan membawa papan tulis
Ukuran lebih kecil dari biasanya
Alhamdulillah
Papan tersebut langsung kami manfaatkan
Proses belajar mengajar berlangsung seperti biasa
Kalau aku lagi capek berdiri atau ngomong
Mahasiswa yang kuminta maju ke depan

Sedang asyik-asyiknya
Juru kunci datang
Aku tercengang
Mahasiswa menolak masuk ruangan
“ Enak juga lesehan bu “ kata mereka
Alhamdulillah
Akhirnya aku dapat menuntaskan tugasku
Semoga saja mahasiswaku
Menguasai materi yang kuasuh. Amin

Bengkulu, 5 Juni 2008

Hanifah Damanhuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda