Kamis, 12 Juni 2008

MIMPI BURUK

MIMPI BURUK

Semalam Aku bermimpi
Rasanya aku dibawa ke masa silam
Se akan-akan aku bahagian dari masa itu

Waktu itu
Hanya sekejab nikmatnya jadi orang merdeka
Merdeka dari penjajahan asing

Teman seperjuangan
Yang dipercaya jadi pimpinan
Lupa daratan

Perasaan tertekan oleh teman seperjuangan
Lebih sakit dari di jajah bangsa asing
Muncul perasaan berontak
Ingin urus diri sendiri

Kami galang persatuan
Sesama daerah yang tertindas dan terkesampingkan
Kami gempur pusat
Walau senjata kami terbatas

Tak mudah melawan pusat
Banyak korban yang jatuh
Banyak perempuan yang diperkosa
Harta benda juga ludes
Kehidupan menjadi sangat sulit

Tentara yang dikirim dari pusat
Ada juga putra daerah
Yang loyal kenegara kesatuan
Demi tugas
Tentara tersebut ikut menyerang
Kampung halamannya
Hingga peperangan reda
Jadilah mereka
Pahlawan negara
Yang dapat tanda jasa

Sialnya
Keadilan yang kami perjuangkan
Sia-sia adanya
Kami dianggap pemberontak
Sepak terjang kami di batasi
Peluang kami menuju kepuncak
Patah ditengah jalan

Tiba-tiba aku terbangun dari mimpi
Tapi teringat terus akan mimpi
Membuat kumerenung
Haruskan generasi muda tau cerita ini ?

Hari berganti hari
Generasi muda tidak tau lagi sejarah
Mata terbelalak
Mulut ternganaga
Ketika para ahli dan orang tua bercerita
Tentang perang PRRI
Tentang ABSSBK yang belum terlaksana
Penyebab mundurnya warga ranah
Benarkah ???


Bengkulu, 9 Juni 2008


Hanifah Damanhuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda