Kamis, 30 Juli 2009

JUBAH BESAR

JUBAH BESAR


Ketika memulai karir sebagai staff pengajar
Aku terlanjur men-set diriku hanya sebagai pengajar
Biar aku punya waktu untuk keluarga
Yang membutuhkan perhatian seorang ibu


Beberapakali kusaksikan rombongan senat universitas
Dengan memakai jubah besar
Berjalan berbaris
Dari ruang rektor ke gedung C


Mataku selalu terpesona dan
Bibirku berdecak kagum
Alangkah gagah-gagahnya
Rombongan rektor dengan jubah besar tersebut


Mungkin sudah suratan nasibku
Hari ini tanggal 14 Juli 2009
Aku mengenakan jubah besar
Yang membuat badan dan kepalaku jadi besar


Menurut berita
Jarang sekali senat wakil dosen wanita
Sekarang ada aku dan bu cory wanitanya
“ Wah ada yang beda “ kata salah seorang anggota


Ketika sudah tiba waktunya
Rombongan senat menuju panggung kehormatan
Dengan langkah pasti kami melangkah
Seperti langkah pramuka


Mulanya semua anggota duduk dengan rapi
Mengikuti rangkaian acara rutin
Begitu memasuki babak dimana rektor mewisuda
Dengan jumlah mahasiswa lebih dari 600 orang


Mulailah ada yang permisi ke kamar mandi
Termasuk aku
Kemudian ada yang pergi agak lama
Di susul yang lainnya


Pengaruh AC yang dingin
Membuat aku agak pusing
Aku berniat ke ruangan dekat kamar mandi
Biar aku terbebas dari dinginnya AC


Ketika ku buka pintu ke ruangan itu
Aku jadi terkejut
Ada merokok berjamaah disana
Aku tak jadi masuk dan memilih duduk dekat pintu


Jelang acara penutupan
Semua anggota kembali keposisi semula
Duduk dengan rapi sampai acara selesai
Hingga akhirnya kembali ke ruangan berkumpul


Tak kulihat rasa lelah di wajah rektor
Yang berdiri sekian lamanya
Mewisuda setiap mahasiswa
Dalam waktu yang cukup lama


Itulah kenanganku
Dihari pertama
Jadi senat universitas dan
Duduk di panggung kehormatan


Bengkulu, 14 Juli 2009




Hanifah Damanhuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda