Jumat, 14 Agustus 2009

TERASA RINGAN

TERASA RINGAN

Enam bulan telah berlalu
Setelah aku di rawat di rumah sakit
Selama itu yang terjadi dikepalaku
Seperti ada awan menyelimuti matahari
Mula-mula awannya tebal sekali
Lama-lama mulai menipis
Sesekali terasa jernih tanpa awan

Ketika seperti awan yang sangat tebal
Membuat sinar mata jadi sayu dan berkunang-kunang
Suara jadi lemah
Bibir kering
Badan terasa berat
Di bawa berfikir agak keras
Kepala jadi pusing

Seiring berjalannya waktu
Langkah mulai terasa ringan
Wajah sudah kembali cerah
Namun aku masih kesulitan membaca dan memahami
Apa yang dibaca tadi
Terasa sekali kalau sedang membimbing mahasiswa

Suatu hari seorang mahasiswi menemuiku
“ Bu, apa ibu bersedia jadi penguji saya ? ” tanyanya
“ Saya tidak bisa janji, tentang apa? “ tanyaku
“ Aplikasi Sistim Pakar X bu “ jawabnya
“ Saya coba ya, saya senang topiknya “ jawabku

Betapa terkejutnya aku ketika membaca makalahnya
Mata sayu, bibir kering, suara lemah ….
Adalah ciri-ciri orang stress berat
Haah berarti aku stress berat dong ??

Dengan suara yang masih belum seperti biasanya
Kuminta padanya untuk hati-hati dan
Mencari referensi sebanyak-banyaknya
Bertanya kepada ahlinya
Walau memiliki ciri yang sama
Kesimpulannya maunya tidak sama

Memang terjadi penurunan daya tangkap padaku
Biasanya aku bisa dengan cepat memahami sesuatu
Sehingga sering tulisan mahasiswa yang ku bimbing
Ku respon saat itu juga di depannya

Belakangan kalau ada yang bimbingan
Pelan-pelan ku baca tulisannya
Lebih sering kuminta dia menjelaskan langsung
Kami berdiskusi tanpa kubaca tulisannya
Lalu pembimbing pendamping yang merapikan tulisannya

Kemaren aku ikut menentukan nilai makalah dosen
Yang dipresentasikan di depan senat
Yang mesti dibaca dalam waktu yang singkat
Nilai yang berpengaruh untuk kenaikan pangkat

Alhamdulillah
Aku merasa kepalaku sedang ringan
Aku bisa membaca makalah dengan cepat
Aku bisa bertanya dengan suara lantang

Aku berharap
Awan yang menyelimuti kepalaku
Benar benar pergi meninggalkanku
Hingga kepalaku terasa ringan

Ya Allah Yang Maha Kuasa
Kumohon bantuanMu


Bengkulu, 14 Agustus 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda