Kamis, 24 September 2009

BAKOKU

BAKOKU

Waktuku kecil
Yang kuanggap bako adalah
Keluarga sepupu papaku
Kesanalah setiap lebaran
Selesai Sholat hari raya
Kami di bawa papa

Disana ada Tuti
Yang usianya lebih tua 3 tahun dariku
Dia anak bungsu dan
Aku diperlakukan seperti adiknya

Di bulan puasa
Sehabis Tadarus di Mesjid
Aku lebih suka ikut Tuti kerumahnya
Sahur di rumah Tuti
Sangat menyenangkan
Karena ada uda-uda Tuti yang lucu-lucu
Akupun pasti terbangunkalau sahur disana

Berbeda dengan dirumahku
Aku sering makan ketika pulang Tadarus
Karena aku susah bangun diwaktu sahur
Walau sudah dibangunkan papaku sudah

Setamat Tuti SMP
Tuti merantau ikut kakaknya
Aku merasa kehilangan
Tanpa Tuti rumah bako jadi berbeda
Apalagi aku sudah mulai remaja

Disaat remaja
Aku sudah mengenal keluarga adik perempuan papa
Kadang mereka yang pulang kampung
Kadang aku yang liburan atau lebaran dirantaunya
Ketika sudah sama-sama merantau
Di kota yang berbeda
Kamipun sering bertemu
Baik dikampung maupun di Bekasi

Jelang lebaran aku dapat berita
Etekku, beserta cucu-cucunya
Dirawat di rumah sakit Bekasi
Mereka kena wabah DBD
Ingin sekali aku menjenguk mereka
Namun apa daya
Kami tak bisa kesana
Hanya doa yang dapat kupanjatkan

Ya Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang
Hanya Engkau yang mampu menyembuhkan
Sembuhkanlah bakoku Ya Allah
Izinkanlah mereka merayakan
Hari kemenangan
Amin Ya Rabbal Alamin


Bengkulu, 24 September 2009


Hanifah Damanhuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda