Sabtu, 09 Januari 2010

KARENA PUISI

KARENA PUISI

Kusalurkan rasa senang
Kusalurkan rasa sakit
Kusalurkan rasa gelisah
Kusalurkan rasa rindu
Kesalurkan segala rasa
Kedalam tulisan

Entahlah
Termasuk jenis apa tulisanku
Bukan itu yang terpenting bagiku
Lebih dari itu
Aku telah menyalurkan rasa
Yang memberi kepuasan pada jiwa
Pelipur lara katanya

Tak disangka-sangka
Gara-hara Tulisanku
“Terima kasih Prof Moedomo”
Minggu yang lalu
Aku disapa seseorang
“Salam kenal, mbak Iffah..
Saya Susi, dulu bekerja di proyek HEDS Lampung,
dan kebetulan, LTTA-nya Prof. Moedomo...
Hubungan kami berlanjut, karena th 1999,
saya menikah dengan anak angkat beliau, dan
alhamdulillah beliau hadir
mewakili keluarga besar suami saya.
Saya terharu membaca tulisan mbak tentang beliau,
benar, semua kesan pertama tentang beliau adalah killer,
padahal, kalau kita telah mengenal beliau lebih dalam,
kesan itu tak pernah ada,
beliau adalah ayah yang paling baik,
paling lembut, paling sabar..
karena beliau pendiam, jadi kita segan... itu saja
Semoga, ilmu beliau yang bermanfaat,
yang telah mbak Iffah tularkan pada anak
didik mbak, akan menjadikan lapang kubur beliau, ya mbak...”

Aku terkesima membacanya
Terbayang wajah bapak Moedomo
Hitam, tinggi, dan besar
Dengan wajah jarang senyum kalau di kelas
Dengan jidat sering berkerut
Serta helaan nafas yang berat
Jika menyaksikan kertas kerja kami

Terbayang pula
Setelah aku bukan mahasiswanya lagi
Ternyata beliau baik sekali
Ketika aku pulang bareng dari UNILA ke Jakarta
Beliau mengantarku ke terminal Blok M
Biar aku bisa pulang ke Kali Deres
Ke rumah kakakku

Lanjut mbak susi di email berikutnya
Kenapa dia bisa menemukan tulisanku
“aku iseng nge-browse di internet
masukin nama Bapak,
dan salah satunya ada blog-nya mbak..
membacanya jadi sedih,
inget Bapak... tapi juga senang,
karena ada orang yang masih mengenang bapak,
selain keluarga beliau.
Aku mau print dan kasih liat Ibu dan
anak2 beliau yang lain tentang tulisan mbak.

Kebetulan, kemarin
Susi baru pulang liburan ke Lampung, d
an kebetulan lagi, mama Eike Moedomo, ikutan..
nih, aku kirimin satu foto ya, mbak..
buat kenang-kenangan dan tanda perkenalan kita..

Salam manis, mbak,
Susi”

Alhamdulillah
Terimakasih Ya Allah
Untuk semua Rahmat dan HidayahMu


Bengkulu, 8 Januari 2009


Hanifah Damanhuri