Kamis, 25 Desember 2008

BINTANG-BINTANG KECILKU MULAI BERSINAR

BINTANG-BINTANG KECILKU MULAI BERSINAR


Kubuka kembali lembaran jawaban UTS mahasiswa baruku


Ku teliti dan ku tinjau ulang nilai-nilai yang kuberikan
Hampir aku keliru memberi nilai
Untuk Ari Akbarsyah
Yang telah memperbaiki sendiri soalku yang salah kurung
Sementara aku tetap memeriksa
Berdasarkan soalku yang salah kurung

Pertama mengenal Ari Akbarsyah
Aku agak terkejut
Fisiknya tidak sesempurna teman-temannya
Badannya kurus
Jari-jarinya halus
Se akan-akan tidak bertenaga

Mula-mula kuliah
Setiap bertemu aku
Dia mencium tanganku
Lazimnya anak mencium ibunya
Ku lihat semangatnya sangat tingi
Kadang dia bertanya padaku di luar kelas
Yang kadang kujawab
“ nanti saja kita bahas di kelas ya “

Dua minggu ini tugasnya lain dari yang lain
Karena ada dua kelas paralel
Aku harus menunggu semua tugas terkumpul
Baru kami bahas tugas-tugas tersebut
Ku minta si Ari maju
Mempresentasikan karyanya 2 minggu terakhir
Sekaligus menjelaskan ke teman-temannya
Cara yang dia lakukan
Mulanya dia malu sekali dan
Menungkupkan kepalanya di meja depan
” Karya kamu bagus, perlihatkanlah pada teman-teman ”
Pintaku padanya
Begitu gugupnya hilang
Mulailah dia mempresentasikan tugasnya
Ketika ku minta coba lihatkan yang ada fotonya

Kembali dia menungkup malu

Ku bujuk lagi dan mengatakan " PD aja lagi "

Kembali dia bangun dan presentasi

Kuminta dia menuliskan dipapan tulis
Cara yang dia gunakan
Dengan lancar dan tanpa melihat buku
Dia jelaskan ke teman-temannya
Lengkap dengan perintah yang digunakan

Alhamdulillah
Bintang kecilku sudah mulai bersinar
Pancaran bahagia setelah tampil di kelas
Masih kelihatan
Ketika kuliah sudah usai
Ku biarkan saja
Teman-temannya mengopi

Hasil karyanya

Wajahnya menjadi sangat cerah



Semalam ketika menonton
Lasykar Pelangi
Aku tersenyum melihat si Lintang
Yang maju jadi guru
Ketika gurunya tidak ada

Minggu lalu Edho Akmal Hakim yang bikin kejutan
Teknisi yang kupanggil untuk memperbaiki CPU
Hanya punya sedikit waktu
Aku lihat si Edho ikut membantu teknisi
Dan dia teruskan pekerjaan teknisi
Sehingga CPU tersebut bisa dipakai kembali
Edho juga telah mulai memperlihatkan bakatnya
Sebagai programmer
Selain Edho, ada Rahmat, dan Suci serta yang lain
Bintang-bintang kecilku yang mulai bersinar


Bengkulu, 13 November 2008

Hanifah Damanhuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda