Kamis, 25 Desember 2008

LONTONG KUAH TAUCO(Ala Banuhampu)

Berada di daerah heteregon
Dengan teman-taman yang berbeda
Budaya dan masakannya
Membuatku kelimpungan
Kalau arisan jatuh kerumahku

Aku tetap ingin
Masakan yang kutampilkan
Khas masakan Padang
Tapi bisa dimakan semua teman-teman

Sebenarnya aku tidak jagoan memasak
Tak banyak variasi masakan yang kukuasai
Kalau menilai masakan
Mana yang enak
Mana yang tidak enak
Lidahku termasuk jagoan

Sesekali aku bikin lontong kuah Tauco
Lontongnya aku pesan saja di tukang sate Madura
Lontong daun yang wangi dan nikmat
Dimakan pakai kecap dan bawang goreng saja, enak
Di tingkah kerupuk udang
Cocok untuk anak Balita

Kusiapkan potongan ayam
Sebanyak tamu yang bakal hadir
Ditambah untuk tuan rumah dan serap
Kusiapkan bahan lain seperti
Buncis Petai Cabe hijau
Mentega
Santan dari kelapa yang tua belum muda terlampau
Bawang merah
Bawang putih
Ketumbar
Merica
Langkok-langkok tanpa kunyit
Daun salam, daun jeruk dan serai
Garam
Semua bumbu di giling halus

Jerangkan kuali
Panaskan mentega
Masukkan bumbu-bumbuAduk-aduk hingga harum
Masukkan daun-daunan
Masukkan ayam yang sudah bersih
Aduk-aduk hingga empuk
Masukkan cabe hijuau dan petai
Masukkan santan
Aduk-aduk santan samapai mendidih
Masukkan buncis yang sudah di iris
Coba rasa bumbu dan garamnya
Yang cocok untuk lontong
Aduk lagi hingga mendidih
Begitu mendidih
Matikan kompor

Untuk kesempurnaan rasa dan penampilan
Taburkan bawang goreng
Pecahkan kerupuk udang diatasnya
Cobalah
Jarang yang tersisa


Bengkulu, 2 Desember 2008

Hanifah Damanhuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda