Kamis, 25 Desember 2008

SAMBA LADO UDANG BUATAN PAPA

SAMBA LADO UDANG BUATAN PAPA

Aku jadi teringat masa ABG
Papa sudah pensiun dari percetakan
Karir terakhir papa

Mamaku wanita karir
Yang mesti berangkat pagi
Sebagai guru SD

Ketika papa masih ngantor
Semua urusan dapur mama yang urus
Mama bangun pagi-pagi
Jelang kesekolah
Dipastikan semua sudah makan

Mama masih kesekolah
Ketika papa sudah tidak ngantor lagi
Sawah menjadi tempat pilihan papa
Melanjutkan karirnya dihari tua
Jam masuk dan keluar
Bisa diatur dengan mudah

Untuk meringankan pekerjaan mama
Papa kadang ikut memasak
Dengan cara kompor dan kuali di bawa
Ke ruang keluarga
Belakangan bilik dapur di alihkan jadi dapur

Papa siapkan
Tomat setengah kilo
Cabe gilingan mama setengah kilo
Bawang merah
Udang kering
Minyak goreng
Kata papaku
Tomat bikin enak dan manis
Kadang tomatnya di tanam sendiri
Dari jenis yang buahnya besar

Papa goreng dulu udang kering
Goreng bawang merah yang sudah di iris
Masukkan irisan tomat
Setelah layu
Masukkan udang kering yang sudah di goreng
Aduk-aduk hingga matang
Sambal ini bisa untuk beberapa hari
Apalagi kampungku dingin sekali
Bak dalam kulkas
Masakan jadi awet sendiri

Aku tiru juga gaya memasak papaku
Tapi aku lebih beruntung
Di Bengkulu banyak udang segar
Aku ganti udang kering dengan udang segar


Bengkulu, 3 Desenber 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda