Selasa, 25 Mei 2010

FITNAH YANG BERANI

FITNAH YANG BERANI

Dunia maya
Seperti pisau bermata dua
Kabaikan dan keburukan berjalan bersama
Pilihan tergantung keinginan manusia
Dampaknya sama-sama luar biasa

Tadi malam aku dikejutkan oleh berita
“Bu teman-teman heboh bu”, kata mahasiswa
“Ada berita apa”, kataku bertanya
“Apa ibu sudah lihat situs …?”, tanyanya
“Belum, tentang apa?”, aku balik bertanya
“Tentang ijazah palsu bu, kami kecewa
Bapak X ujazahnya ASPAL, ini linknya bu”, katanya
“Tidak mungkin, bapak itu pintar, kali fitnah”, selaku

Aku buka situs yang diberikan mahasiswa
Terpampang dengan jelas ijazah dosennya
Ijazah dari perguruan tinngi ternama
Dan beberapa contoh ijazxah lainnya
Dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia

Aku hubungi beberapa teman
Untuk memastikan kebenaran berita tersebut
Kamipun terlibat diskusi
Dengan pikiran yang sama, ini mungkin fitnah

Tadi pagi aku beritau PR 1
Dan meminta beliau mencek ke PT asal dosen
Beberapa waktu kemudian, aku terima SMS nya
“Asww, sudah kami cek bu.
Situs tersebut fitnah.
Kami sudah konfirmasi ke Univ….
Kami sudah minta dekan menjelaskan. Tq”
“Alhamdulillah”. Jawabku

Termenung aku menghadapi peristiwa ini
Berbagai cara dilakukan orang
Untuk membunuh karakter dan kesempatan orang lain
Yang kadang merugikan institusi
Fitnah yang berani


Bengkulu, 26 Mei 2010

Hanifah Damanhuri