Rabu, 05 Desember 2007

INTI & PINJARAM

INTI & PINJARAM

Inti adalah makanan yang terbuat dari ketan
Bentuknya seperti bola ping pong
Di dalamnya ada wajik kelapa
Rasanya gurih dan enak sekali

Begitu ingat Inti
Aku jadi ingat pesta dikampungku
Aku jadi ingat gaek Udo
Gaek Udo tukang bikin Inti
Kalau sukuku payobada yang punya hajat

Waktu itu aku masih kecil
Aku dan dunsanak sebayaku
Sering ikut menemani perempuan dewasa
Menumbuk beras ketan di lasung sukuku
Kadang kami membantu meng ayak tepungnya

Setelah beras jadi tepung
Kami tungguin gaek Udo
Mengadon tepung tersebut dengan santan
Setelah sempurna
Gaek udo membuat bola bola yang berlobang

Tugas kami mengisi lobang tersebut dengan wajik
Lalu ditutup kembali
Butuh keahlian agar wajik tidak keluar
Dan inti bentuknya bulat sempurna

Setelah selesai proses pembuatan
Inti tersebut di goreng
Tugas menggoreng dilakukan oleh perempuan lain
Yang ahli dalam menggoreng inti tersebut
Ketika inti di goreng
Kami melihat dan menunggu gorengan pertama
Inti yang masih panas rasanya enak sekali

Pinjaram berbentuk lingkaran
Warnanya coklat
Biasanya langsung beli jadi di pasar
Jadi aku tidak tau cara membuatnya

Ingat Inti & Pinjaram
Aku juga ingat adik perempuanku yang bungsu
Usianya terpaut 9 tahun denganku
Aku sering membawanya ke pesta
Aku mewakili mama yang sibuk
Ya sebagai mama, ya sebagai guru SD

Setiap pergi ke pesta
Biasanya kami berangkat berombongan
Rombongan yang terdiri dari dunsanak sesuku
Adikku dan teman sebayanya
Selalu membawa saputangan

Inti dan pinjaram serta kue-kue lainnya
Dimakan setelah makan nasi "bajamba"
Saat itu perut sudah kenyang
Berdiri saja susah
Sudah tidak mungkin lagi makan makanan lain

Inti & pinjaram dibagikan ke anak-anak
Mereka membungkusnya dengan sapu tangan
Mungkin di makan dijalan
Mungkin di bawa pulang kerumah

Adikku kadang tidak sabaran
Kalau orang lambat mengasihkan inti dan pinjaram
Dia berteriak teriak
" Agiah den inti jo pinjaram untuak papa den "
Teriakannya kadang membuat kami tertawa

Sesampai di rumah
Bungkusan sapu tangan di buka
Pinjaram dikasih ke papa
Inti dia makan sendiri


Bengkulu, 18 Agustus 2007

Nan sadang taragak makan bajambo dan makan inti jo pinjaram.


Hanifah Damanhuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda