Kamis, 06 Desember 2007

RAMADHAN DAN LEBARAN KETIKA AKU KECIL

RAMADHAN DAN LEBARAN KETIKA AKU KECIL

RAMADHAN

Siang hari
Waktu itu sekolah libur
Banyak waktu untuk bermain dan tidur
Bisa pula belajar sesuatu
Menjahit, memasak, bikin kue …

Berbagai jenis permaian yang mengasikkan
Seperti main congklak, main kartu, main kelereng
Jadi mainan untuk pengisi waktu

Duduk-duduk dipinggir tabek gadang
Bersenda gurau dengan sesama
Sambil kaki berendam
Atau duduk membelakangi tabek gadang
Mengasikkan menunggu bedug magrib

Permainan “Bagaritiak” (menabuh bedug)
Di depan mesjid
Juga jadi mainanku dengan si ita sobatku
Ketika bedug kosong
Tak ada anak laki-laki disana
Aku dan ita “ bagaritiak”
Dia menabuh dengan tempo yang cepat
Aku tukang tingkah
Teng teng teng
Teng-teng teng-teng
Wah asyik
Tak banyak perempuan yang mau / boleh “bagaritiak”
“Itu mainan anak lelaki” kata mereka
Wah
Bagi kami (aku dan ita) tak ada beda
Mainan laki-laki atau wanita
Kami bisa
Kalau kami mau
Malam hari
Sesudah tarawih
Kami tadarus hingga larut malam
Bagian yang paling asyik
Makan kue
Hantaran secara bergiliran
Masing-masing suku di jorongku
Sungai Tanang Gadang

LEBARAN

Waktu itu beli baju
Hanya sekali setahun
Kalau baju baru sudah ada
Tak sabar menunggu hari raya

Di hari raya
Setelah selesai Sholat Idul Fitri
Papa tidak membawa kami kerumah nenek
Di Sungai Tanang Kecil
Nenek ikut etekku merantau
Aku tak pernah berlebaran dengan nenek
Sedihnya

Kami di bawa papa kerumah bako
Sepupu papa yang tinggal disimpang Sungai Tanang
Di rumah bako
Kami jadi tamu istimewa
Tamu kehormatan
Walau kami tidak kaya
Wah bahagianya

( Beberapa waktu yang lalu
Ketika bakoku Andri Zainudin
Muncul jadi bintang iklan di RCTI
Aku bersorak ke anak-anak
“ Itu bako mama “ )

Bengkulu, 14 Oktober 2007


Hanifah Damnhuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tunggu komentar anda